Senin, 03 Maret 2025

BAB 1 MANUSIA DAN AGAMA

 MANUSIA MENURUT AL-QUR'AN

Selaku makhluk ciptaan, manusia dianugerahi pencipta-Nya dengan sejumlah nama atau sebutan. Setidaknya ada empat kata yang digunakan al-Qur‟an untuk menunjuk makna manusia, yaitu: al-basyar, al-insān, al-nās, dan banī ādam. Meskipun kata tersebut menunjuk pada makna manusia, namun secara khusus memiliki penekanan pengertian yang berbeda. Perbedaan berikut dapat dilihat pada uraian berikut:

1. Al-Basyar Kata al-basyar dinyatakan dalam al-Qur‟an sebanyak 36 kali dan tersebar dalam 26 Surah. Secara etimologi, al-basyar berarti kulit kepala, wajah atau tubuh yang menjadi tempat tumbuhnya rambut. Menurut Quraish Shihab, kata basyar terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti penampakan sesuatu dengan baik dan indah. Dari akar kata yang sama lahir kata basyarah yang berarti kulit. Manusia dinamai basyar karena kulitnya tampak jelas dan berbeda dengan kulit binatang.Di bagian lain dari al-Qur‟an disebutkan bahwa kata basyar digunakan untuk menunjukkan proses kejadian manusia sebagai basyar melalui tahap-tahap hingga mencapai kedewasaan. Manusia secara biologis dengan segala kebutuhan. Berdasarkan konsep al-basyar, manusia tak jauh berbeda dengan makhluk biologis lainnya. Dengan demikian kehidupan manusia terikat kepada kaidah prinsip kehidupan biologis seperti berkembangbiak, mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan dalam mencapai tingkat kematangan dan kedewasaan.

2. Al-Nās Kata al-nās dinyatakan dalam al-Qur‟an sebanyak 240 kali dan tersebar dalam 53 Surah. Kata al-nās menunjukkan pada eksistensi manusia sebagai makhluk sosial secara keseluruhan tanpa melihat status keimanan atau kekafirannya dan menunjuk manusia yang berakal. 

3. l-Insān Islam sebagai agama samawi paling belakangan muncul juga menawarkan pandangan tentang manusia. Manusia dalam bahasa Arab disebut al-nās atau al-insān. Kata al-insān dalam al-Qur‟an disebut sebanyak 60 kali.Kata al-insān berasal dari kata al-uns yang berarti jinak, harmonis, dan tampak. Dalam al-Qur‟an kata insān sering juga dihadapkan dengan kata jin atau jān, yaitu makhluk yang tidak tampak. Kata insān dalam al-Qur‟an digunakan untuk menunjuk manusia sebagai totalitas (jiwa dan raga). Perkembangan tersebut antara lain, meliputi kemampuan untuk berbicara. Menguasai ilmu pengetahuan melalui proses tertentu, dengan mengajarkan manusia dengan kalam (baca tulis), dan segala apa yang tidak diketahui.


Manusia menurut Para Tokoh:

- Sokrates mendekati manusia sebagai individu, sementara Plato melihat manusia dari sudut kehidupan sosial dan politiknya.
- Sastrapratedja: manusia adalah makhluk yang historis.
- Comte mengatakan bahwa “mengenal diri adalah mengenal sejarah” , manusia tidak cukup apabila hanya dilihat dari sudut fisika, kimia, dan biologi saja.
- Ernst Cassirer: manusia tidak dapat didesinisikan berdasarkan sifat metafisik dan fisiknya. Ciri utama manusia terletak pada karyanya

Bahan Penciptaan Manusia

الَّذِىۡۤ اَحۡسَنَ كُلَّ شَىۡءٍ خَلَقَهٗ​ وَبَدَاَ خَلۡقَ الۡاِنۡسَانِ مِنۡ طِيۡنٍ​ۚ‏ ٧
 Artinya: Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah,

ثُمَّ جَعَلَ نَسۡلَهٗ مِنۡ سُلٰلَةٍ مِّنۡ مَّآءٍ مَّهِيۡنٍ​ۚ‏ ٨
Artinya: kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani)

  1. Tanah: Merujuk pada asal-usul penciptaan manusia dari unsur tanah, yang menunjukkan bahwa manusia diciptakan dari bahan dasar yang sederhana dan rendah. Ini menegaskan keagungan Allah yang mampu menciptakan makhluk yang sempurna dari sesuatu yang hina.

  2. Manusia materi dan fisik: Manusia diciptakan dari saripati tanah yang rendah (mani), yang menunjukkan bahwa manusia memiliki aspek fisik dan materi. Ini mengingatkan manusia akan kelemahan dan ketergantungannya pada Allah.

  3. Manusia rendahan: Istilah ini merujuk pada asal-usul manusia yang diciptakan dari bahan yang rendah (tanah dan mani), namun tidak berarti manusia itu rendah secara martabat. Sebaliknya, ini mengingatkan manusia untuk tidak sombong dan selalu bersyukur kepada Allah, karena mereka diciptakan dari sesuatu yang hina tetapi diberi kehormatan sebagai makhluk yang dimuliakan.


Unsur Non Materi
 ( Ass-Sajdah : 9, Al-Isra’:175,Al-Qadr: 4)
Manusia spiritual > Mencari Nafkah
Ruh > Manusia Mulia

Beberapa Teori tentang Agama
1. Edward B. Tylor (1832-1917): Teori Animisme dan Evolusi Agama. Tiga tahap perkembangan evolusi agama dari animistik, politeistik, ke monoteistik.
2. J.G. Frazer (1854-1941). Teori Magis. Magis adalah tindakan manusia untuk mencapai suatu maksud dengan melalui kekuatan gaib-luar biasa yang ada di alam.
3. Emile Durkheim (1859--) : Teori Sentimen Kemasyarakatan. Agamamuncul karena adanya getaran jiwa yang berupa rasa cinta terhadap masyarakatnya. Totem merupakan benda-benda keramat sebagai lambang suatu masyarakat.
4. Andrew Lang (1844-1912) : Teori ‘Ur Monoteisme’. Keyakinan adanya dewa tertinggi yang dipandang sebagai Pencipta alam, penjaga ketertiban alam dan kesusilaan.

Agama dalam Terminologi Islam
1. Kekalahan dan penyerahan diri pada pihak yang lebih berkuasa
2. Ketaatan, penghambaan bagi pihak yang lemah kepada pihak yang punya kuasa
3. Undang-undung hukum pidana, perdata dan peraturan yang berlaku dan ditaati
4. Peradilan, perhitungan atau pertanggungjawaban, pembalasan, vonis dan sebagainya.

Unsur-unsur Agama:
1. Emosi Keagamaan
2. Upacara Keagamaan
3. Tempat dan Peralatan peribadatan.
4. Kelompok Penganut
5. Sistem Keyakinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 15 ISLAM DAN WAWASAN KEINDONESIAAN

 BAB 15 ISLAM DAN WAWASAN KEINDONESIAAN A. ISLAM DAN KEINDONESIAAN -Memahami Istilah Islam Nusantara       Makna kata “nusantara”. Nusantara...